Menembus Pasar Lobster Dunia

Indonesia_Vietnam_Locator.svg

Pasar Lobster Dunia

Perhatikan Peta diatas : Warna Orange adalah Negara Vietnam, sedangan Warna Hijau adalah Negara Republik Indonesia

Kita bahasa tentang Lobster di Tahun 2015 kemarin. Negara vietnam menjadi negara terbesar di dunia sebagai negara pengekspor lobster dengan jumlah 1000 Ton, sementara nilai ekspor lobster dari Indonesia jauh dibawah vietnam.

Taruhlah harga per Kg senilai U$ 30 , maka nilai ekspor vietnam mencapai 3 Trilyun di Tahun 2015 , sementara data ekspor lobster indonesia ditahun 2015 cuma senilai 200 Milyar. Ampun… ampunn , malu banget, lihat peta diatas pingin tak sobek – sobek.

Lihat pesisir laut indonesia dibanding vietnam sudah jauh kemana – mana , mungkin di seluruh pesisir di negara vietnam semua pada budidaya lobster kali ya ? jadi bisa ekspor lobster 1000 Ton. Apalagi kemarin terbukti negara vietnam impor lobster dari indonesia yang lobster betina sedang bertelur, di vietnam dikembang – biakan sehingga produksi lobster disana meningkat pesat.


susi-pudjiastuti-lobsterjakarta
Ibu Susi Pudjiastuti , Menteri Kelautan dan Perikanan lagi pegang Lobster mau di Ekspor

Terima kasih kita ada Ibu Susi Pudjiastuti, sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan yang paham betul akan permasalahan ini. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah melarang lobster bertelur dan berukuran kurang dari 200 gram untuk dikirim ke luar negeri. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) No 1 Tahun 2015.

Untuk jangka pendek memang kelihatan merugikan, terutama bagi para Eksportir lobster, tetapi dampak jangka panjang akan sangat terasa jika indonesia mampu meningkatkan produksi dalam negerinya,  lobster – lobster diatas 200 gram akan banyak sekali, bisa jadi ekspor indonesia akan melebihi vietnam , mungkin 500 Ton, 1000 Ton , 2000 Ton per tahun ? sangat mungkin !

Dampak langsungnya jika produksi lobster di Indonesia meningkat, maka makanan lobster ini bisa dinikmati oleh banyak kalangan , bukan hanya kalangan atas saja yang minta jatah lobster , tapi seluruh masyarakat indonesia sudah biasa makan lobster. Dari yang biasanya ikan teri, ikan cuek, sekarang makan lobster jadi tren , keren kan ?  bergizi lagi

Nilai ekonomis bagi petani lobster pastinya akan naik , dengan begitu kesejahteraan para petani juga membaik. Mari kita ikuti peraturan Pemerintah , kita budidayakan lobster bersama – sama , nanti kita ekspor lobster sebanyak – banyaknya yang berukuran 200 gram keatas, biar pemasukan Devisa negara naik tajam.

Lobster Jakarta akan terus mendukung para Petani Lobster untuk sukses berbisnis , dan hasil budidaya lobsternya tembus ke pasar lobster internasional.